SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI SAKO PASIA TALANG

Artikel

PAWAI MAARAK BUNGO LAMANG: TRADISI MAULID NABI NAGARI SAKO PASIA TALANG

12 Oktober 2023 14:05:15  SAKO PASIA TALANG  94 Kali Dibaca  Berita Lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamis, 28 September 2023, Ratusan murid MDA, Perangkat Nagari, Jemaah Masjid, dan masyarakat yang ada di Nagari Sako Pasia Talang, mewarnai jalan raya nagari.

Sudah menjadi tradisi Nagari, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, setiap tanggal 12 Rabbiul Awal Nagari Sako Pasia Talang mengadakan Pawai Maarak Bungo Lamang. Pawai dibuka dan dilepas langsung oleh Pj. Wali Nagari Sako Pasia Talang Yesri Nora, SP. Bungo Lamang dibuat dari kertas berwarna warni yang di rangkai sedemikian rupa sehingga menyerupai bunga asli, misalnya seperti bunga mawar, bunga sedap malam, dan lain lain. Kemudian bunga ditata di atas lemang yang nantinya akan disantap bersama setelah pawai berakhir.

Bentuk bunga yang beragam dan warna yang bervariasi membuat jalanan tampak semarak dan meriah. Lantunan  dari alat  musik  tradisional yang mengiringi pawai juga menambah kesan tersendiri yang membuat suasana pawai kental dengan budaya. Tak hanya berjalan seperti biasa, murid-murid disepanjang jalan melantunkan Salawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Masyarakat yang menyaksikan pun tak kalah ramai. Ada yang ikut mengiringi dibelakang dan ada juga yang menyaksikan di depan rumahnya masing-masing. Walaupun cuaca panas terik siang itu namun banyaknya warga yang menyaksikan dan perasaan cinta kepada Rasulullah SAW  menambah semangat anak-anak dan masyarakat untuk bisa sampai ke garis finish.

Semoga dengan adanya tradisi ini setiap tahun, dapat menambah perasaan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW, dengan senantiasa mengikuti sunah-sunah beliau dan bersalawat kepada-nya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Nagari

 Pemerintah Nagari

 Sinergi Program

 Peta Wilayah Nagari

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sako Pasia Talang
Nagari : Sako Pasia Talang
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:45
    Kemarin:85
    Total Pengunjung:34.861
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.191.55.126
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 548 Kali
Profil Desa
07 November 2014 | 513 Kali
Pemerintahan Nagari
26 Agustus 2016 | 503 Kali
Sejarah Nagari
31 Maret 2013 | 500 Kali
Awal mula SID
24 Agustus 2016 | 488 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 471 Kali
Pemerintah Nagari
13 September 2023 | 460 Kali
Keputusan Bupati tentang PENETAPAN TAHAPAN DAN SYARAT PENERIMA BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SOLOK SELATAN