SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI SAKO PASIA TALANG

Artikel

PEMBERIAN MAKAN TAMBAHAN BAGI BALITA STUNTING DI NAGARI SAKO PASIA TALANG

23 November 2023 10:31:58  SAKO PASIA TALANG  75 Kali Dibaca  Berita Lokal

 

 

 

 

 

 

 

Senin, 20 November 2023 - Pj Wali Nagari Sako Pasia Talang bersama Bidan Desa dan Perangkat Nagari mengadakan Pemberian Makan Tambahan bagi anak-anak penderita stunting di Nagari. Pemberian Makan Tambahan ini merupakan program unggulan Nagari sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap tumbuh kembang anak-anak di Nagari. 

Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. 

Biasanya stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan ibu dan terlihat saat mereka mulai memasuki usia dua tahun. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga anak yang menderita stunting cenderung lebih pendek dibandingkan teman-teman seusianya. Walaupun begitu masih banyak orang tua dan masyarakat kita yang menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Padahal faktanya, faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan memiliki faktor yang lebih besar dibandingkan  faktor genetika terhadap kondisi kesehatan anak.

Stunting memiliki dampak  yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Diantaranya adalah terganggunya perkembangan otak dan kecerdasan anak, gangguan pertumbuhan fisik, gangguan metabolisme, kekebalan tubuh lemah, dan menurunnya kemampuan kognitif anak.

Stunting memiliki gejala-gejala yang kita kenali, diantaranya:

  • Wajah tampak lebih muda dari anak seusianya
  • Pertumbuhan tubuh dan gigi yang terlambat
  • Memiliki kemampuan fokus dan memori belajar yang buruk
  • Pubertas yang lambat
  • Saat menginjak usia 8-10 tahun, anak cenderung lebih pendiam dan tidak banyak melakukan kontak mata dengan orang sekitarnya
  • Berat badan lebih ringan untuk anak seusianya

 

 

Dengan adanya pemberian Makan Tambahan ini, diharapkan dapat mengurangi angka anak-anak penderita stunting di Nagari. karena anak-anak adalah generasi penerus, maka masalah stunting harus disikapi dengan serius supaya generasi penerus dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Pj Wali Nagari Sako Pasia Talang, Yesri Nora, SP dalam pidato pendeknya mengungkapkan "Semoga bantuan Makan Tambahan ini dapat bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan gizi anak-anak kita." Beliau juga berharap kedepannya para orang tua juga lebih serius dalam memenuhi gizi anak-anak.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Nagari

 Pemerintah Nagari

 Sinergi Program

 Peta Wilayah Nagari

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Sako Pasia Talang
Nagari : Sako Pasia Talang
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:56
    Kemarin:85
    Total Pengunjung:34.872
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.137.184.67
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 548 Kali
Profil Desa
07 November 2014 | 513 Kali
Pemerintahan Nagari
26 Agustus 2016 | 503 Kali
Sejarah Nagari
31 Maret 2013 | 500 Kali
Awal mula SID
24 Agustus 2016 | 488 Kali
Visi dan Misi
24 Agustus 2016 | 471 Kali
Pemerintah Nagari
13 September 2023 | 460 Kali
Keputusan Bupati tentang PENETAPAN TAHAPAN DAN SYARAT PENERIMA BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SOLOK SELATAN